You are here
Ekonomi dan Bisnis News 

Meningkatkan UKM Masyarakat Boyolali, dibuka peserta BLK

foto:Peserta BLK Boyolali

BOYOLALI (LN) – Endang Srikarti Handayani Anggota DPR RI Komisi VI resmi membuka Balai Latihan Kerja Industri BLKI (Vocational Training Center of Industry) merupakan tempat Pelatihan, Sertifikasi diikuti 210 orang dan Penempatan Kerja yang senantiasa memberikan pelayanan berupa jenis jenis pelatihan dari mulai tentang Listrik dan Elektronika, Otomotif, Teknik Mekanik Logam, Las, Bangunan, Tata Niaga dan Aneka Kejuruan lainnya yang bertempat UPTD BLK, Randusari, Kec. Teras, Kab. Boyolali Jum’at (15/9/2017)

Endang menyampaikan Bahwa pelatihan kewirausahaan ini untuk mendidik peserta BLK ini agar mendukung ekonomi di wilayah Boyolali dan untuk melatih berbagai kemampuan yang dimiliki.

Budi Mustopo asisten deputi pengembangan kewirausahaan menambahkan ” Dengan program kewirausahaan untuk menambah lapangan pekerjaan yang akan mengurangai pengangguran. Akan terciptanya wirausaha yang tangguh, inovatif dan peduli dengan terciptanya Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN)

Berdasarkan data Kementrian Koperasi dan UKM, PDB Koperasi sebagai lembaga pada tahun 2016 sebesar 3,99%, sedangkan kontribusi PDB koperasi dari sisi anggota sebesar 61,41%. Dan berdasarkan data sensus Ekonomi BPS tahun 2016, dengan jumlapg penduduk 252 juta orang di Indonesia, terdapat wirausaha sebanyak 7,8 juta orang atau 3,10% dari jumlah penduduk.

Dengan demikian tingkat kewirausahaan Indonesia telah meningkat sebesar 1,45% selama kurun waktu 3 tahun terakhir dari 1,65% menjadi 3,10% ditahun 2016, dimana hal ini telah melampaui 2% dari populasi penduduk Indonesia. Akan tetapi dibandingkan dengan negara maju Indonesia relatif rendah, seperti Amerika jumlah wirausaha mencapai 12%, Jepang 11%, China 10%, Singapura 7%, dan Malaysia 5%.

Related posts

Leave a Comment